• STKIP NUSA TIMOR
  • “STKIP Nusa Timor – Dari Atambua, Untuk Indonesia.”

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Profil lulusan program studi PG-PAUD STKIP "NUSA TIMOR" adalah:

1.     Calon Pendidik PAUD (Sarjana PAUD)

  • Mampu merencanakan, menerapkan, mengelola, dan melakukan assessmen pembelajaran yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) sesuai dengan nilai-nilai Pancasila,
  • Mampu memecahkan permasalahan pembelajaran PAUD melalui pendekatan saintifik dan tematik,
  • Menguasai secara aktif penggunaan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran berbasis alam dan IPTEK,
  • Menguasai materi lembaga PAUD secara kreatif, inovatif, dan kontekstual yang mendukung tugas profesionalnya sebagai pendidik.

2.     Pengelola PAUD

  • Menguasai dasar-dasar teori tata kelola kelembagaan untuk merencanakan, mengelola, dan memecahkan masalah organisasi dan tata kelola di PAUD,
  • Memecahkan masalah kelembagaan PAUD, merencanakan dan mengembangkan PAUD melalui pendekatan berorientasi nilai-nilai agama, logis komprehensif, kreatif dan inovatif,
  • Memiliki kemampuan managerial dalam penyelenggaraan PAUD.

3.     Entrepreneur : memiliki jiwa kepemimpinan dan entrepreneurship berbasis ke-PAUD-an.

4.     Peneliti Pemula ke-PAUD-an

  • Menguasai konsep teoritis bidang penelitian pendidikan dan mampu menerapkannya dalam menyelesaikan masalah PAUD,
  • Mampu merencanakan, melaksanakan, dan memanfaatkan hasil penelitian.

 

Visi Program Studi S1 PG-PAUD STKIP "NUSA TIMOR" yaitu:

Menjadikan Program Studi Pendidikan Guru PAUD yang terdepan dalam menghasilkan pendidik profesional yang trampil dan berwibawa.

Penjelasan:

a)    Menghasilkan lulusan yang profesional dan mampu bersaing di bidang ilmu pendidikan khususnya Pendidikan Guru PAUD,

b)    Menghasilkan lulusan terampil yang mampu menerapkan disiplin ilmu yang dimiliki,

c)    Menghasilkan lulusan berwibawa yang dapat menghadirkan diri sebagai guru PAUD yang dapat diteladani.

 

Misi Program Studi S1 PG-PAUD STKIP "NUSA TIMOR" yaitu:

a)    Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran dalam bidang pendidikan PAUD,

b)    Menyelenggarakan penelitian yang berfokus pada perbaikan pembelajaran Anak Usia Dini,

c)    Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi,

d)    Mengembangkan keterampilan manajemen pembelajaran dan pengelolaan.

 

Kompetensi Lulusan S1 PG-PAUD STKIP "NUSA TIMOR"

a. Prospek Lulusan

  • Guru PAUD Profesional

Mampu menjadi Guru Profesional PAUD yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengembangkan pendidikan berdasar keilmuan, berkarakter, inovatif, memiliki wawasan luas, serta dapat menyebarluaskan nilai-nilai IPTEKS guna meningkatkan mutu pembelajaran di PAUD.

  • Pengelola lembaga PAUD

Mampu memecahkan permasalahan pembelajaran, tumbuh kembang Anak Usia Dini, mengembangkan media pembelajaran dan sumber belajar, serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di PAUD.

  • Entrepreneur

Mampu menjadi pengembang media untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), yang dapat menjadi alternatif solusi dalam upaya peningkatan proses pembelajaran.

 

b. Sikap dan Tata Nilai

Lulusan program studi S1 PG-PAUD STKIP "NUSA TIMOR" memiliki sikap dan tata nilai sebagai berikut :

  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius dalam kehidupan sehari-hari;
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan,
  • Menginternalisasi semangat kemandirian dan kejuangan.

 

c. Penguasaan Pengetahuan

Lulusan program studi S1 PG-PAUD STKIP "NUSA TIMOR" menguasai pengetahuan sebagai berikut :

  1. Memiliki wawasan keilmuan bidang Pendidikan Anak Usia Dini sebagai salah satu paradigma dalam pengembangan ilmu serta pemecahan masalah-masalah dalam masyarakat yang terkait dengan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD),
  2. Menguasai berbagai teori, konsep serta hasil penelitian yang relevan dengan paradigma atau kerangka kerja penelitian yang akan dilaksanakan dalam bentuk skripsi di bidang PAUD,
  3. Menguasai metodologi penelitian yang terkait keilmuan PAUD, serta mampu menggunakan hasil-hasilnya untuk melaksanakan penelitian dalam bentuk skripsi di bidang PAUD,
  4. Menguasai teori dan pendekatan pembelajaran untuk anak anak usia dini baik formal, non formal maupun informal.

 

d. Keterampilan Umum

Lulusan program studi S1 PG-PAUD STKIP "NUSA TIMOR" memiliki keterampilan umum sebagai berikut :

  • Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi bidang bimbingan dan konseling yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora; menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis yang abstraknya diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah, proceeding hasil dipresentasikan, atau diterima di jurnal internasional;
  • Mampu melakukan validasi akademik atau kajian bimbingan dan konseling dalam menyelesaikan masalah pendidikan melalui pengembangan pengetahuan dan keahlian bimbingan dan konseling;
  • Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik di bidang bimbingan dan konseling, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
  • Mampu mengidentifikasi obyek penelitian pada bidang pendidikan, bimbingan dan konseling dan memposisikannya ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
  • Mampu membuat keputusan dalam konteks penyelesaian masalah dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang bimbingan dan konseling yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian ilmiah atau eksperimental terhadap informasi dan data;
  • Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga, masyarakat, dan komunitas penelitian yang lebih luas;
  • Mampu meningkatkan kapasitas belajar secara mandiri;
  • Mampu mempertanggungjawabkan hasil penelitiannya dengan cara mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

e. Keterampilan Khusus

Atas dasar keterampilan umum di muka, maka keterampilan khusus yang harus dikuasai oleh setiap lulusan prodi S1 PG-PAUD STKIP "NUSA TIMOR" adalah sebagai berikut :

  • Peka dan tanggap terhadap perubahan masyarakat dan memiliki rasa keterikatan untuk berperan serta dalam usaha-usaha memajukan dan/atau memecahkan masalah-masa­lah masyarakat melalui paradigma keilmuan bimbingan dan konseling serta keilmuan pendidikan.
  • Memperlihatkan perilaku dalam pengembangan keilmuan dan pelaksanaan tugas bimbingan dan konseling yang mencerminkan kepribadian yang patut sebagai pendidik ialah memiliki integritas, tanggung jawab, dan kesadaran akan landasan ilmiah (sikap ilmiah) bagi setiap tindakan professionalnya.
  • Melaksanakan penelitian dalam bentuk tesis di bidang bim­bingan dan konseling yakni menyusun proposal, melaksanakan penelitian, dan menyusun laporan skripsi.
  • Mempublikasikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah dan berbagai forum ilmiah tingkat regional, nasional dan/atau internasional.
  • Merancang, mengelola, dan mengevaluasi program bimbingan dan konseling di latar pendidikan.
  • Secara mandiri dan team kerja mampu melaksanakan tugas-tugas dan bantuan pengembangan manusia dengan menggunakan disiplin ilmu bimbingan dan konseling untuk pemecahan masa­lah kemanusiaan pada umumnya.

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
SENAT STKIP "NUSA TIMOR"

Berikut ini adalah Surat Keputusan (SK) Ketua STKIP "NUSA TIMOR" Tentang Pengangkatan dan Penetapan Senat.

10/10/2024 13:34 - Oleh Administrator - Dilihat 129 kali
LOGO KAMPUS DAN ARTINYA

Bentuk persegi lima dasar warna merah melambangkan dasar pendorong semangat dan keberanian yang berdasar kepada Pancasila. Buku terbuka di dalam menara melambangkan dasar dari ilmu pe

11/06/2024 08:53 - Oleh Administrator - Dilihat 703 kali
PROSEDUR PENDAFTARAN CALON MAHASISWA BARU

Syarat pendaftaran untuk mahasiswa baru adalah sebagai berikut: Lulus pendidikan SMA/SMK/MA atau sederajat. Lampirkan fotocopy Ijazah SMA/SMK/MA/sederajat. Bagi siswa kelas 3

18/05/2024 18:26 - Oleh Administrator - Dilihat 220 kali
PROFIL LULUSAN PRODI PGSD

Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) STKIP "NUSA TIMOR" jenjang Sarjana diarahkan untuk menghasilkan Sarjana Strata Satu (S1) Pendidikan Dasar yang memiliki keahlian se

18/05/2024 18:14 - Oleh Administrator - Dilihat 215 kali
PROFIL LULUSAN PRODI PG-PAUD

Profil lulusan program studi PG-PAUD STKIP "NUSA TIMOR" adalah:   1.     Calon Pendidik PAUD (Sarjana PAUD) a.     Mampu merencana

18/05/2024 17:47 - Oleh Administrator - Dilihat 183 kali